Fiqh Sosial Masa Depan Fiqh Indonesia (Edisi Revisi)


Fiqh Sosial Masa Depan Fiqh Indonesia (Edisi Revisi) 

Buku berjudul Fiqh Sosial Masa Depan Fiqh Indonesia ini merupakan buku yang ditulis oleh dua peneliti Pusat Studi Pesantren & Fiqh Sosial (PUSAT FISI), yakni Umdah El Baroroh & Tutik Nurul Janah. Meski bukan buku yang pertama, namun buku ini dapat dibilang sebagai buku yang menghubungkan 'puzzle-puzzle' pemikiran dari hasil penelitian para peneliti yang telah diterbitkan sebelumnya. Jika buku-buku PUSAT FISI sebelumnya berupa kumpulan-kumpulan tulisan, maka buku 'Fiqh Sosial Masa Depan Fiqh Indonesia' ini disusun dengan sistematis sehingga memudahkan pembaca dalam memahaminya. 

Buku ini dibuka dengan menyuguhkan profil KH. Sahal Mahfudh, sebagai penggagas Fiqh Sosial. Kemudian, kedua penulis buku tsb., menyampaikan kajian ontologis sebelum menyuguhkan metodologi fiqh sosial. Yang menarik, buku ini tidak hanya menjelaskan tentang teori Fiqh Sosial, namun juga memberikan contoh implementasi metodologi Fiqh Sosial. 

Adapun  kajian implementasi metodologi di sini, dimunculkan dalam dua tulisan. Tulisan pertama membahas tentang isu pangan, kependudukan dan kontrasepsi. Sedangkan tulisan kedua membahas tentang mematuhi protokol kesehatan. 

Dengan sistematika penulisan di atas, diharapkan dapat memudahkan khalayak pembaca dalam memahami Fiqh Sosial. Sejak dari penggagasnya, hingga pada kajian ontologis, metodologis, hingga kajian implementatifnya.

Selain itu, buku ini juga mendorong daya kritis pembacanya, dari prolog dan epilog buku. Tulisan Dr. Moqsith Ghazali dan Dr. Ahmad Dimyati, dalam prolog dan epilog buku ini, membuat pembaca seolah merasa 'kehausan', setelah menghabiskan lembar lembar dalam buku ini. Karenanya, penting untuk membaca buku ini, sejak awal hingga akhir halaman.


Penulis:

Umdah El Baroroh
Tutik Nurul Janah

ISBN : 
Penata isi: Agus Teriyana
Ilustrator sampul: Abeje Project
Penerbit : Mafapress

xii + 142 halaman 
15,5 x 24 cm
cetakan pertama, 2016
cetakan kedua, 2018
cetakan ketiga, 2023

Mafapress
Kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah
Jl. Raya Pati-Tayu KM 20, Purworejo Margoyoso Pati Jawa Tengah
59154, Telp.: 0295-5501999,
Hp: 085 743 602 083, Fax: 0295-4150081,
Website: http://mafapress.ipmafa.ac.id,
Email: mafapress@ipmafa.ac.id

Post a Comment

0 Comments