MENGUDAR (ISTILAH) METODOLOGI FIQH SOSIAL

 


MENGUDAR (ISTILAH) METODOLOGI FIQH SOSIAL

Buku ini merupakan buku yang ditulis oleh para peneliti dan para aktifis Forum Kamisan Pusat Studi Pesantren & Fiqh Sosial (PUSAT FISI). Buku berjudul "Mengudar (Istilah) Metodologi Fiqh Sosial" ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah pendahuluan. Pada bagian petama ini, penulis pemberikan pemaparan tentang bagaimana proses pembentukan istilah 'Fiqh Sosial' untuk menamai gagasan Kiai Sahal. Selain itu, dipaparkan pula titik temu dan titik beda antara Fiqh Sosial Kiai Sahal Mhafudh dan Fiqh Sosial Kiai Ali Yafie. Kemudian dilanjutkan dengan menyuguhkan kajian tentang paradigma dan metodologi Fiqh Sosial. 

Adapun pada bagian kedua buku ini, penulis masuk pada bagian inti buku, yakni mengudar istilah-istilah yang dipakai dalam metodologi Fiqh Sosial. Istilah seperti maqasid syariah, aqwal ulama, masalikul illat, kaidah ushuliyyah dan kaidah fiqhiyyah, diudar sedemikian rupa agar memudahkan para pengkaji metodologi Fiqh Sosial, untuk memahaminya. 

Sedangkan bagian ketiga buku ini menyuguhkan implementasi metodologi Fiqh Sosial dengan mengambil contoh kajian tentang hukum bayi tabung dan isolasi mandiri bagi orang yang terpapar virus berbahaya.

Buku ini dapat dikatakan sebagai penjelas bagi buku "Fiqh Sosial Masa Depan Fiqh Indonesia" yang diterbitkan oleh PUSAT FISI sebelumnya. Dapat dikatakan pula bahwa buku "Mengudar (Istilah) Metodologi Fiqh Sosial" ini bagai dua sisi mata uang yang saling melengkapi dengan buku "Fiqh Sosial Masa Depan Fiqh Indonesia". Karenanya, bagi para pengkaji, peneliti dan pemerhati Fiqh Sosial, penting untuk membaca kedua buku ini sebagai dua buku yang saling melengkapi.

Editor:
Tutik Nurul Janah

Penulis:
Dr. Ahmad Dimyati, M.Ag.
Tutik Nurul Janah
Muhammad Labib
Ahmad Khazim
M. Islahuddin

ISBN:

Penata isi:
Agus Teriyana

Ilustrator sampul:
Abeje Project

Penerbit: Mafapress

Cetakan pertama, September 2023
xii + 148 halaman
15,5 x 24 cm

Mafapress 
Kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah
Jl. Raya Pati-Tayu KM 20, Purworejo Margoyoso Pati Jawa Tengah
59154, Telp.: 0295-5501999, Hp: 085 743 602 083, Fax: 0295-4150081,
Website: http://mafapress.ipmafa.ac.id,
Email: mafapress@ipmafa.ac.id


Post a Comment

0 Comments