Pesantren Tahfidz Jawa Berbasis Filantropi Islam (Studi Tata Kelola Pesantren Madinatul Qur’an, Pesantren Daarul Qur’an Surakarta dan Support Pengembangan Fundraising ZISWAF)

 



Pesantren dengan segala kelebihannya telah memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan anak bangsa ini. Sejak kelahirannya di tanah air, pesantren dengan segala upaya transformatif dari para kyai dan santri memberikan dampak nyata pada pembangunan pendidikan lahir batin anak negeri. Pesantren tahfidz dalam konteks Jawa Tengah telah mengalami kemajuan pesat, yakni tidak hanya berkemajuan dalam keunggulan pada output anak didik yang belajar dan menghafal, namun juga keunggulan prestasi lainnya dengan support fasilitas yang memadai.

Ada dua pesantren dalam bahasan ini, yakni pesantren tahfidz Madinatul Quran di Pati yang konsen dengan pendidikan tahfidz anak-anak usia MI (Sekolah Dasar) dan ada Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Solo yang konsen dengan tahfidz anak-anak santri pada jenjang SMP dan SMA dan Juga Pesantren Madinatul Qur’an Pati. Pesantren telah memberikan suatu kebaharuan atas dunia pesantren lebih berjalan bagus saat mendapatkan support pendanaan dari lembaga filantropi yang saling sinergi dan dikelola secara profesional.

 


Post a Comment

0 Comments