Pendidikan Karakter Anti Korupsi Perspektif Pemikiran Kiai Sahal: Implikasinya Pada Perguruan Tinggi Pesantren

 

1.     


KH. MA. Sahal Mahfudh melalui gagasan fikih sosialnya memiliki pemikiran tentang nilai-nilai anti korupsi terutama berkaitan dengan fungsi utama manusia sebagai Khalifatullah dengan dua tugas utama yaitu Ibadatullah (beribadah kepada Allah Swt.) dan Imaratul Ardh (mengelola bumi). Nilai-nilai tersebut yaitu ikhtiar dan tawakal, kejujuran dan transparansi, Amar Ma'ruf Nahi Munkar, serta berkarakter dan berintegritas. Nilai-nilai tersebut sangat relevan dalam mencegah tindak korupsi melalui upaya pembentukan karakter anti korupsi.

2.      Nilai-nilai tersebut didiseminasikan di Institut Pesantren Mathali'ul Falah melalui kebijakan anti korupsi yang terdapat dalam Statuta IPMAFA dan terintegrasikan pada Nilai Dasar Shalih Akram (NDSA). Nilai-nilai yang terkandung dalam NDSA memiliki relevansi kuat dengan nilai anti korupsi antara lain nilai al-Amanah (kejujuran), i’itimad ala nafsi (percaya diri), al kifah mudawamah (memiliki semangat juang), tawasuth (kemaslahatan umat), zuhud, istiqomah, dan al-barakah. Diharapkan civitas akademika IPMAFA memiliki karakter anti korupsi sehingga ketika beraktivitas dalam kehidupan sosial selalu menjunjung tinggi kejujuran dan tanggung jawab berlandaskan nilai-nilai pesantren.

3.      Kebijakan tersebut kemudian dijabarkan dalam kurikulum kampus dan melahirkan beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan pendidikan anti korupsi. Mata kuliah tersebut yaitu Pendidikan Pancasila dan Anti Korupsi, Nilai Dasar Shalih Akram, dan Fikih Sosial. Beberapa mata kuliah telah dipaparkan tersebut memiliki relevansi kuat dengan pembentukan karakter anti korupsi. Mata kuliah tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan anti korupsi pada Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati. Nilai-nilai anti korupsi yang didiseminasikan dalam mata kuliah merupakan sumbangsih pemikiran KH. MA. Sahal Mahfudh melalui gagasan fikih sosialnya.


 

Editor:

M. Sofyan Al Nash & Siswanto

 

Penulis:

Latifah Nuraini

Irma Nur Af’idah

Fira NadliratulAfrida

 

Penata isi:

Siswanto

 

Ilustrator sampul:

M. Agus Zaenal Mahasin

 

Cetakan pertama, Maret 2024

xii + 106 halaman

15,5 x 24 cm

ISBN

 

Diterbitkan oleh:

  

Anggota IKPI

Purworejo, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah 59154

 Penerbitan buku ini disupport oleh Dana Hibah Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

Post a Comment

0 Comments